Tips Menyembuhkan Diare

01:08

Haloo readers selamat siang! Cuaca hari ini di kota mimin lagi panas nih, kalo di kota readers gimana? Panas juga? Atau jangan – jangan kamu lagi hanyut terbawa arus banjir ya? Aduh. Panas – panas gini enaknya ngadem dirumah, makanya dari tadi mimin diem dirumah terus, takut nanti jadi hitam.

“Ah mimin cemen banget masa takut sama panas? Banci!”

Jleb! Bukannya gitu, kulit mimin sudah hitam. Nanti kalo keluar panas – panasan, yang ada kulit mimin jadi makin ga keliatan, yang kelihatan cuman gigi aja kan bisa berabe.

Udah deh udah, seperti biasa mimin akan berbagi sesuatu (baca: tips sesat) ke readers semua nih. Kali ini berhubungan dengan, sakit perut, boker, eek nya encer, yaps kamu benar, DIARE.

Kenapa ngambil temanya itu sih min? Gak macho banget.

Iya, hari minggu kemaren adek mimin kena diare. Nyokap nanya ke mimin, ini dikasi apa ya supaya diarenya sembuh dalam sekejap? Yah mimin yang belum tau apa – apa tentang diare saat itu cuma bisa celingak – celingukan bego doang. Hah..

Maka dari itu, sebagai abang yang baik mimin mencari tau tentang cara penyembuhan diare di berbagai sumber. Walaupun telat, karena adek mimin sudah sembuh dari diarenya. Ya, mimin share aja ke readers semua. Hehe.

Yuk kita mulai!

Apa yaa min yang menyebabkan diare itu?

Diare disebabkan oleh berbagai factor, yaitu bakteri dan virus pengganggu saluran pencernaan, luka pada saluran pencernaan, makan makanan pedas maupun asam. Bahkan diare juga bisa disebabkan oleh kelebihan vitamin C (mimin baru tau, kalo kebanyakan vitamin juga ga bagus yah, wah wah).

Diare ada jenisnya loh, apa aja sih?

Diare itu ada 2 jenis, yaitu:

1) Diare Biasa
Ya seperti namanya, diare ini biasa – biasa aja. Paling 2 – 3 hari aja sembuh, asal diberikan penanganan yang benar. Kalo udah diare, jangan makan beling lagi nanti usus kamu jadi robek dan isinya terburai.

2) Diare Kronis
Kenapa dinamakan diare kronis? Ya memang diare ini sangat berbahaya. Diare ini berlangsung lebih dari dua minggu, ya dua minggu. Kebayang? Diare ini bisa mengakibatkan dehidrasi berkepanjangan, hingga kematian *jengjeng*



Wih serem juga ya min! Trus aku mesti berbuat apa kalo lagi ngalamin diare min?

Panggil nama mimin tiga kali, eh.

Yang tadi bercanda, kalo kamu manggil nama mimin 3x yang ada diarenya makin tambah menjadi – jadi. Hehe. Ini nih hal – hal yang bisa mengobati diare kamu, yaitu:

1) Daun Jambu Biji
Yaps, ini obat yang paling ampuh yang sudah terkenal dari jaman kakek moyang kita dulu. Jadi kalo beliau – beliau lagi diare jaman bahula dulu, mereka tinggal kunyah aja daun jambu biji ini. Asik. Cara yang sama pun bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan diarenya, yaitu kunyah 3 pucuk daun jambu biji, lalu telan air kunyahannya. Lakukan hingga diaremu hilang.

2) Oralit
Setelah daun jambu biji, ya oralit cara ampuh yang kedua. Kamu tau oralit kan? Apa, gak tau?! Waduh kebangetan, apa jangan – jangan kamu adalah orok yang baru lahir kemaren ya? Oralit itu, segelas air hangat dicampur dengan ½ sendok teh garam, dan 4 sendok teh gula, nah jadi deh Oralit!

3) Air Putih
Saat readers mengalami diare, cairan di tubuh readers akan semakin banyak berkurang (baca: dehidrasi). Jadi, perbanyak lah minum air putih di saat readers mengalami dehidrasi. Asal jangan minum baygon aja, nanti kamu ngefly.

Sekian deh tips dari mimin bego (benar – benar goanteng) ini. Mudah – mudahan tips tadi berguna yaa buat readers yang lagi mengalami diare. Salam tcc and bye. Thanks!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images